Kamis, 23 Mei 2013

Akhir PekanYang Buruk Buat Yamaha



Rossi & Lorenzo - Foto MotoGP Le Mans 2013

Yamaha Factory Racing benar-benar merasakan akhir pekan yang buruk sepanjang race Le Mans berlangsung. Kedua pembalap andalan mereka gagal meraih hasil memuaskan pada seri keempat MotoGP  2013 yang digelar di sirkuit Le Mans Perancis hari ini (19/05).\
 Jorge Lorenzo gagal mempertahankan ambisinya untuk memenangi race hari ini dan harus puas mencicipi podium ke-7. Sementara rekan setim-nya mengalami nasib kurang mujur setelah terjatuh di lintasan Le Mans yang basas. Rossi pun keluar dari peringkat 10 besar dan rela menghuni posisi ke-12.
Pembalap bernomor #99 tersebut memiliki alasan mengapa dia tak mampu naik podium hari ini. Lorenzo mengungkapkan bahwa dia merasakan YZR-M1 yang digebernya hari ini tidak sama seperti yang digunakan pada sesi Warm-Up, meskipun tim-nya tak mengganti motornya sama sekali.

“Pada awal balapan, motor itu tidak sama seperti di Warm-Up tapi tidak terlalu buruk dan saya bisa mengikuti Andrea (Dovizioso) dan Dani (Pedrosa). Kemudian setelah tiga atau empat lap, motor memburuk dan saya mendapatkan masalah di mana-mana. Di bagian pengereman, karena di tengah-tengah tikungan saya tidak memiliki kepercayaan pada ban belakang”, kata Lorenzo seperti dikutip dari situs resmi MotoGP.

Alasan lainnya yang diungkapkan Lorenzo adalah dalam hal akselerasi, dimana ban belakang spin (berputar) terlalu banyak ketika YZR-M1 digeber olehnya hari ini. Pembalap asal Spanyol tersebut benar-benar kecewa, pasalnya tahun lalu dia dapat menang dengan YZR-M1 yang sedang dalam kondisi puncaknya di Le Mans tetapi tahun ini berbanding terbalik diluar harapan mereka.

“Dan dalam hal akselerasi, bagian belakang spin (berputar) begitu banyak, saya kehilangan hampir setengah detik dibandingkan dengan yang lain. Tahun lalu saya menang 20 detik dengan motor yang sangat baik dan tahun ini benar-benar terbalik. Saya tidak bisa melakukan lebih tanpa menabrak”, tambah Lorenzo.

Sementara rekan setimnya, Valentino Rossi memiliki alasan lain dimana dia merasa kehilangan kepercayaan diri pada bagian depan motor (front end). Meskipun demikian, Rossi awalnya berpikir bahwa dia memiliki potensi untuk berada di barisan tiga pembalap terdepan dan juga berdiri di podium.
“Sayangnya, kami kehilangan kesempatan yang baik untuk mendapatkan hasil yang baik hari ini. Saya pikir kami memiliki potensi di tiga barisan terdepan dan podium. Saya punya kecepatan yang baik dan saya cepat dan saya bisa bertarung dengan orang lain. Di tikungan, saya tidak terlalu cepat dan tidak merasa membuat kesalahan apapun tapi saya merasa kehilangan bagian depan. Sehingga, sangat disayangkan karena kami kehilangan poin dan terutama kesempatan untuk mencoba memiliki podium yang baik di sini”, kata Rossi.
Sumber: MotoGP.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar