HRC- Honda NSF250R merupakan motor prototype baru buatan Honda untuk kompetisi balap Moto3 pada tahun 2012. Honda NSF250R juga di produksi dan di jual secara massal ke pasaran dunia seharga RP.162 Juta. Honda sengaja menjual motor tersebut agar masyarakat dunia bisa merasakan performa motor balap di jalanan. Tentunya dengan harga yang setara dengan harga satu mobil. Honda NSF250R semua desain chassis dan model mengacu pada Honda RS125R, motor 125cc 2 Tak produksi Honda yang digunakan di kompetisi balap GP125.
Lebih dari itu, perangkat-perangkat motor seperti Suspensi, system Aerodinamis dan Swing Arm pada NSF250R memang menggunakan milik Honda RS125. Jadi hampir semua yang ada pada Honda RS125 di transfer ke Honda NSF250R, kecuali mesin.
Kelebihan pada Honda NSF250R adalah menggunakan satu cylinder dengan kapasitas bersih 249cc. Seperti halnya CBR250 yang menggunakan satu cylinder. Tidak seperti Kawasaki Ninja 250 yang menggunakan dua cyinder.
Karena bagi Honda satu cylinder sudah cukup untuk memaksimalkan kinerja performa motor, jadi tidak perlu menggunakan dua cylinder sedangkan kapasitas motor hanya 250cc.
Chassis Honda NSF250R Moto3 |
Berikut Spesifikasi Resmi Honda NSF250R dari Honda Racing/HRC:
Model name
|
NSF250R
|
||
Model type
|
MR03
|
||
Overall length × Overall width × Overall height(m)
|
1.809×0.560×1.037
|
||
Wheelbase(m)
|
1.219
|
||
Ground clearance(m)
|
0.107
|
||
Seat height(m)
|
0.729
|
||
Caster angle(degree)
|
22°36″
|
||
Curb weight(kg)
|
84
|
||
Fuel tank capacity(l)
|
11
|
||
Engine type
|
Liquid-Cooled 4-stroke
DOHC Single Cylinder |
||
Displacement(cm3)
|
249.3
|
||
Bore × Stroke(mm)
|
78.0×52.2
|
||
Maximum power(kW/rpm)
|
35.5/13,000
|
||
Maximum torque(N・m/rpm)
|
28.0/10,500
|
||
Oil Capacity (ENG OIL/T.M OIL) (l)
|
1.27/0.55
|
||
Transmission
|
Type
|
Constant mesh
|
|
Gear ratio
|
1st
|
1.875
|
|
2nd
|
1.524
|
||
3rd
|
1.304
|
||
4th
|
1.167
|
||
5th
|
1.077
|
||
6th
|
1.000
|
||
Reduction gear ratio
|
Primary
|
2.952
|
|
Secondary
|
2.333
|
||
Devices (Intake)
|
IACV
|
||
Fuel supply system
|
PGM-FI
|
||
Ignition type
|
Full-Transistor
|
||
Clutch type
|
Wet multiplate
|
||
Lubricating type
|
Semi-Dry Sump
|
||
Tire size
|
Front
|
90/580R17
|
|
Rear
|
120/600R17
|
||
Rim size
|
Front
|
2.50-17
|
|
Rear
|
3.50-17
|
||
Brake
|
Front
|
Type
|
Hydraulic disk
|
Diameter
|
φ296
|
||
Rear
|
Type
|
Hydraulic disk
|
|
Diameter
|
φ186
|
||
Suspension
|
Front
|
Inverted telescopic
|
|
Rear
|
Pro-link suspension system
|
||
Frame type
|
Aluminum twin tube
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar